Dimmer Mampu Kurangi Penggunaan Listrik

hemat listrik

Dimmer atau peredup lampu ternyata adalah salah satu cara untuk hemat listrikĀ  baik di rumah maupun kantor atau pabrik. Tidak banyak yang tahu bahwa dimmer masa kini memiliki prinsip kerja yang berbeda dengan dimmer jaman dahulu. Perbedaan prinsip kerja inilah yang membuat dimmer masa kini bisa menghemat penggunaan listrik di rumah Anda, sementara dimmer lawas tidak.

Untuk meredupkan cahaya lampu yang berpijar, dimmer lawas hanya menaikkan hambatan listrik dan mengubah energi listrik yang mengalir ke lampu menjadi ekses energi panas saja. Hal ini membuat Anda tetap mengkonsumsi listrik, hanya saja listrik yang dikonsumsi diubah menjadi panas dan bukan cahaya. Prinsip kerja dimmer masa kini bergantung pada sebuah komponen listrik yang disebut Triac Switch. Triac Switch bekerja dengan cara memotong sirkuit cahaya mati-nyala (on-off) untuk mengurangi jumlah total dari keseluruhan energi yang harus dikeluarkan. Di sinilah penggunaan listrik bisa dikontrol. Ketika dalam posisi off, listrik sama sekali tidak digunakan, apalagi sampai diubah menjadi energi panas seperti cara kerja dimmer lawas.

Berdasarkan prinsip kerja dimmer tersebut, terdapat beberapa kelebihan penggunaan dimmer dibandingkan dengan lampu yang dinyalakan tanpa dimmer, antara lain untuk meningkatkan kenyamanan, bisa digunakan untuk hampir semua jenis lampu, serta meningkatkan umur lampu yang Anda pakai. Kenyamanan berada dalam ruangan, terutama saat tidak membaca atau bekerja tentu akan tercipta melalui kondisi lampu yang redup. Di tengah cahaya yang bersinar terang, mata Anda tidak akan bisa beristirahat karena harus selalu tegang, itu sebabnya situasi dengan cahaya redup akan meredakan ketegangan mata dan memberikan kenyamanan. Dimmer masa kini juga sudah dibuat cukup sesuai dengan hampir semua jenis lampu yang ada di pasaran. Lampu pijar, halogen, CFL, bahkan lampu LED dengan teknologi terbaru pun dapat diatur menggunakan dimmer. Dengan kompatibilitas yang sangat bervariasi tersebut, dimmer bisa digunakan dengan mudah tanpa harus khawatir dimmer tidak berfungsi secara maksimal. Satu lagi kelebihan dimmer yang patut diacungi jempol adalah kemampuannya untuk memperpanjang umur lampu. Berdasarkan laporan sebuah penelitian, lampu pijar dan halogen bahkan dapat berumur lebih panjang 20 kali lipat dari lampu yang tidak menggunakan dimmer. Tentunya hal ini akan membuat Anda terbebas dari tagihan listrik.

Jadi, jika Anda menggunakan dimmer lawas, kemungkinan besar Anda tidak sedang melakukan hemat listrik di rumah. Oleh karena itu pastikan bahwa dimmer yang Anda beli adalah dimmer dengan teknologi baru yang mendukung gaya hidup hemat listrik.

Kindly bold and underline the text, then insert the following link:

 

http://sewatama.com/tag/hemat-listrik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

http://1bestpillsforhealth.com/buy-lexapro-online-cheap/